Belajar Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Mudah

belajar mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah

Kegiatan ketik mengetik saat ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun kebanyakan orang belum mahir mengetik dengan 10 jari melainkan menggunakan 11 jari atau 2 jari telunjuk saja. Padahal mengetik dengan 10 jari membuat kita lebih produktif dalam bekerja dan juga dapat melatih otak kita untuk lebih berkonsentrasi. Apakah anda salah satu orang yang mengetik dengan 11 jari? Jika iya, saya akan memberikan tips dan trik belajar mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah.

1.  Hilangkan Kebiasaan Buruk

mengetik dengan 11 jari


Menghilangkan kebiasaan buruk dalam mengetik adalah hal yang sulit dilakukan. Hal tersebut juga diperburuk apabila anda sudah mengetik dengan cara yang salah seperti mengetik dengan 11 jari dari pertama kali anda mengetik di atas keyboard. Kebiasaan tersebut tidak efektif karena biasanya mata anda akan terus menerus melihat keyboard. Anda harus menyingkirkan kebiasaan buruk tersebut dan mulailah beralih ke cara yang benar.

2.  Atur Posisi Duduk Pada Saat Mengetik

posisi duduk saat mengetik

baca juga : jihu makanan populer di Situbondo

Mengatur posisi duduk yang benar pada saat sedang mengetik dapat membantu melatih mengetik dengan 10 jari lebih efektif dan tidak membuat pegal dan sakit. Dengan mengatur posisi duduk yang benar tentu saja membuat anda akan lebih mudah mengetik dengan menggunakan 10 jari.

Anda harus duduk dengan posisi punggung yang tegak dan tidak membungkuk. Hal tersebut agar anda tidak pegal pada saat mengetik. Pastikan saat sedang duduk, pandangan anda lurus ke arah layar bukan ke arah keyboard. Agar mata anda tidak sakit, maka anda harus mengatur kecerahan layar secukupnya sehingga nyaman bagi mata dan menjaga jarak antara layar dengan mata sekitar 45-70 cm.


3.  Mengetik Menggunakan 10 Jari

Belajar mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah adalah dengan menempatkan jari tangan pada tombol keyboard dan memahami posisi jari. Ada posisi jari tertentu agar bisa mengetik dengan benar. Jika anda melihat atau meraba keyboard, maka anda akan melihat garis kecil di atas huruf F dan huruf J. kedua garis kecil tersebut berfungsi untuk membantu anda menempatkan dan memahami posisi jari dengan benar di atas keyboard tanpa perlu melihatnya. Berikut posisi jari yang benar saat mengetik.
mengetik 10 jari dengan benar

          Posisi jari tangan kiri pada keyboard :

            Jari Kelingking            = huruf A, Q, Z, angka 1, tombol Tab, Capslock, Shift dan Ctrl
            Jari Manis                    = huruf S, W, X dan angka 2
            Jari Tengah                  = huruf D, E, C dan angka 3
            Jari Telunjuk                = huruf F, R, V, T, G, B, angka 4 dan 5
            Ibu Jari                         = tombol Space dan Alt

          Posisi jari tangan kanan pada keyboard :

            Jari Telunjuk                = huruf J, U, M, Y, H, N, angka 6 dan 7
            Jari Tengah                  = huruf K, I, tanda koma(,) dan angka 8
            Jari Manis                    = huruf L, O, tanda titik(.) dan angka 9
            Jari Kelingking            = huruf P, tanda titik koma(;), tanda Tanya(?), tanda petik(‘), Enter, tanda kurung siku({}),                                                            garing miring(\), Shift dan Ctrl
            Ibu Jari                         = tombol Space dan Alt

Intinya antara jari tangan kiri dan jari tangan kanan tidak saling bersilangan. Setelah mengetahui posisi jari yang benar, cobalah untuk berlatih dan hafalkan. Lakukanlah langkah demi langkah dan berlatihlah setiap hari maka anda akan terbiasa mengetik menggunakan 10 jari.

4.  Belajar Mengetik Tanpa Melihat Keyboard

Biasakan diri anda untuk tidak melihat keyboard saat mengetik. Karena dengan melihat keyboard membuat proses mengetik menjadi lambat. Belajarlah mengetik tanpa melihat keyboard dan ingatlah posisi setiap huruf. Jangan takut untuk mencoba, jika salah cobalah ulangi sampai benar. Semakin sering berlatih dan seiring berjalannya waktu, anda akan mulai terbiasa. Secara tidak sengaja jari-jari anda akan memposisikan pada tombol yang benar dan anda dapat mengetik dengan cepat.

    5.  Belajar Dasar Tombol Shortcut 

Pada Windows dan Mac OS memiliki tombol shortcut di keyboard yang memudahkan kita untuk melakukan fungsi tertentu tanpa bantuan mouse. Jika anda mempelajari tombol shortcut ini, tentunya anda tidak akan memerlukan mouse lagi.

Berikut ini beberapa shortcut yang sering digunakan:

Shortcut

Description

Ctrl + C 

Copy

Ctrl + X

Cut

Ctrl + V 

Paste

Ctrl + Z

Undo

Ctrl + S 

Save

Ctrl + F 

Pencarian kata

Ctrl + A 

Highlight semuanya

Shift + Panah Kanan atau Kiri 

Hightlight huruf di sebelahnya

Ctrl + Shift + Panah Kanan atau Kiri 

Highlight kata di sebelahnya

Ctrl + Panah Kanan atau Kiri 

Memindahkan kursor ke kata di sebelahnya tanpa highlight

Home

Menuju ke awal baris

End

Menuju ke akhir baris

Page Up 

Scroll up

Page Down

Scroll down

Alt + Tab 

Berpindah ke jendela selanjutnya

Alt + Shift + Tab 

Berpindah ke jendela sebelumnya

Alt + F4 

Menutup jendela yang sedang dibuka


Selain itu, anda bisa memakai shortcut ketika sedang melakukan browsing di internet. Berikut beberapa shortcut yang dapat digunakan.

Shortcut

Description

Ctrl + Tab

Berpindah ke tab selanjutnya

Ctrl + Shift + Tab 

Berpindah ke tab sebelumnya

Ctrl + T 

Membuka tab baru

Ctrl + W 

Menutup tab yang sedang dibuka

Ctrl + Shift + T 

Membuka tab yang baru saja ditutup

Ctrl + R 

Merefresh halaman

Ctrl + N 

Membuka jendela browser yang baru

Backspace

Kembali ke halaman sebelumnya

Shift + Backspace 

Maju ke halaman setelahnya


    6.  Belajar Dari Aplikasi dan Game

Belajar atau berlatih melalui aplikasi atau game yang dikhususkan untuk anda yang masih belajar mengetik 10 jari. Terdapat beberapa aplikasi atau situs yang menyediakan permainan/game yang berfungsi untuk melatih kemampuan mengetik dengan 10 jari.

Daftar game yang cocok dijadikan belajar mengetik 10 jari :

1. TypeRacer

TypeRacer merupakan game mobil balap yang harus anda kendalikan dengan cara mengetik teks atau lirik lagu yang muncul di layar komputer. Semakin cepat anda mengetik, maka semakin cepat pula mobil mencapai garis finish.

2. Typer Shark Deluxe

Typer Shark Deluxe adalah game yang dilakukan dengan mengetik dengan berbagai tantangan. Ada mode “Adventure” dan “Abyss”. Game ini juga memberikan tutorial belajar mengetik 10 jari, anda bisa memilih mode “Typing Tutor”.

3. Keybr

Keybr adalah game kata random dan ditulis dengan ejaan yang salah. Anda harus mengetik ulang ejaan yang salah tersebut ke ejaan yang benar secara cepat.

4. Touch Typing Study

   Touch Typing Study adalah game yang melatih anda untuk menempatkan jari tangan anda pada posisi yang benar. Anda diminta untuk menuliskan huruf secara berulang-ulang dengan menggunakan jari tangan yang benar.

Daftar aplikasi atau situs yang cocok untuk belajar mengetik 10 jari : 

1. Typing.com
2. Slimekids.com
3.  Ultrakey.com
4.  Typingtutor-online.com
5.  Typingstudy.com
6.  Typingtest.com
7. KidzType.com

 Kesimpulan :

Bagi anda yang ingin sekali belajar mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah, cara diatas bisa anda coba. Yang paling penting adalah niat dan usaha belajar yang sungguh-sungguh, biasakanlah jari tangan anda mengetik dengan 10 jari. Ingat, biasa karena terbiasa.

 

Semoga bermanfaat dan suka :) 

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih, semoga suka dan bermanfaat :)