Jihu Makanan Populer di Situbondo

jihu situbondo

        Untuk pecinta pedas khususnya di wilayah Situbondo. Jihu adalah salah satu makanan yang terkenal dari Situbondo yang membuat kita penasaran ingin mencobanya, untuk mengetahui fakta kita dapat dengan mudah menemukannya di warung, restoran, dan toko makanan.

        Jihu terbuat dari bahan yang sederhana yaitu kanji atau tepung tapioka dan tahu yang digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Untuk bumbu yang khas yaitu perpaduan garam, bawang putih dan cabe rawit lalu diulek ditambah lagi dengan bawang daun yang membuat aroma serta keseimbangan rasa yang luar biasa.

        Jihu pedas dengan bahan yang mudah didapat dan cara memasak yang super cepat membuat siapa saja ingin sekali membuat olahan tepung ini. Pedas gurih yang dihadirkan dari rasa jihu ini membuat semua orang ketagihan akan cita rasa yang luar biasa.

        Jika kamu menyukai jihu pedas, wajib kamu harus mencoba dan membuat jihu ala kamu sendiri dan pasanganmu.

Bahan :
1. 1/4 tepung tapioka
2. 1/4 tepung terigu
3. cabe rawit
4. garam 
5. penyedap
6. tahu (yang sudah digoreng)
7. bawang putih

Petunjuk :
1. Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu, lalu tambahkan garam dan penyedap rasa. Selanjutnya, beri air secukupnya dan adonan diaduk rata.
2. Siapkan tahu lalu bolongi ditengah dan isi tahu dengan adonan.
3. Tahu yang sudah diisi adonan dikukus sampai matang.
4. Setelah matang, angkat lalu dinginkan beberapa menit.
5. Siapkan wajan dan beri minyak goreng tunggu sampai panas, lalu potong kecil-kecil adonan jihu, setelah minyak goreng panas, goreng jihu sampai berwarna cokelat keemasan.
6. Terakhir, siapkan ulekan yang berisi garam, bawang putih dan cabe rawit lalu ulek sampai halus, masukkan jihu yang sudah digoreng kedalam ulekan dan aduk rata.
7. Jihu siap disajikan.


ulekan jihu

        Kamu juga dapat menikmati jihu dengan nasi yang dimasak sempurna dan kerupuk yang renyah membuat pas dimulut dan kenyang diperut. Sangat enak dan harga terjangkau.

        Salah satu tempat jihu yang sangat pas dimulut dan dikantong yaitu di desa Sumberkolak tepatnya teman seperjuangan saya waktu putih biru di Madrasah Aliyah. Gurih dan pedas yang membuat ketagihan.

        Jajanan kuliner ini bisa loh dipesan pakai online, layanan pesan antar membuat kamu tidak perlu keluar rumah saat terik matahari yang menyengat tubuh dan dinginnya malam yang gelap biar bang ojol saja dan bang ojol akan mengantarkan jihu ke rumahmu dengan selamat. Tinggal kamu mencari penjual jihu yang berkualitas, rasa dan harga yang tentunya pas di hati.

        Ayo berkunjung ke Situbondo, kamu akan menikmati jihu yang gurih, enak dan pedasnya yang membuat ketagihan. Rasa pedas, asin dan manis. Rasa yang membuat hati nyaman.


Semoga bermanfaat dan suka :)

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih, semoga suka dan bermanfaat :)